Tips Mengemudi Mobil Jarak Jauh

Ditulis oleh: -
Mengemudi jarak jauh merupakan suatu perjalanan yang melelahkan, sehingga membutuhkan ketahanan fisik dan faktor-faktor penting saat menyetir mobil atau kendaraan. Banyak pengendara mobil yang tidak mengetahui cara mengemudi yang aman saat melakukan perjalan jauh, sehingga sering terjadi kecelakaan dan masalah lainya diperjalan.
Cara dan Tips mengemudi
Menyiapkan berbagai macam-macam kebutuhan saat ingin melakukan perjalanan jauh menggunakan kendaraan sangatlah penting. Dimulai dari kesiapan fisik, perlengkapan kendaraan dan bekal, merupakan tips dasar yang harus anda persiapkan. Berikut ini merupakan tips dan cara berkendara atau mengemudi jarak jauh, agar perjalan anda selamat sampai tujuan dan menghindari terjadikan terjadinya kecelakaan yang tahun ini sering terjadi.

Tips mengemudi

  1. Beristirahat secukupnya jika hendak mengemudi jauh seperti mudik, karena mengemudi dalam keadaan badan ngantuk dan lemas dapat mempengaruhi konsentrasi anda saat melihat kearah jalan raya dan bisa tertidur. Jangan mengonsumsi suplemen dan minuman yang bisa nyebabkan anda kantuk. Berhenti sebentar untuk mengembalikan saat merasa capek, minimal 2-4 jam agar kondisi badan anda kembali bugardan bisa berkonsentrasi kembali.
  2. Periksa kendaraan anda mulai dari bagian luar dan mesinnya seperti air radiator, oli, rem, ban dan bagian lainnya. Sebelum melakukan perjalanan hendaknya kendaraan anda servis terdahulu agar lebih aman. Hindari muatan berlebihan atau tidak sesuai dengan kapasitas mobil anda.
  3. Pastikan posisi duduk mengemudi yang membuat Anda nyaman dalam berkendara, mengubah posisi kursi dan sandaran kepala dan punggung hingga anda merasa nyaman. Mengodisikan spion anda agar dapat melihat bagian samping kanan, sebelah kiri dan belakang.
  4. Cara mengemudi yang benar seperti memperhatikan kondisi disekitar mobil anda, mengatur pengereman karena melakukan rem mendadak sangatlah berbahaya, jaga jarak dengan kendaraan didepan anda. Menyalakan lampu sein saat ingin pindah jalur dan perhatikan terlebih dahulu kendaraan lain disekitar anda. Jangan menerima telfon saat mengemudi karena konsentrasi pada jalan raya.