10 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Ditulis oleh: -
Manfaat jeruk nipis memang seperti tersembunyi dari bentuknya yang kecil namun juga menyimpan segudang khasiat. Lebih dari 3000 spesies jeruk dapat kita temui di muka bumi ini yang tersebar di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri, jeruk dihasilkan dengan kualitas terbaik salah satunya adalah jeruk nipis.
Khasiat buah jeruk nipis terutama terdapat pada kandungan vitamin C yang timggi untuk kesehatan dengan membuatnya menjadi ramuan tradisional untuk segala jenis penyakit. Belum lagi pada dunia kecantikan, ekstrak jeruk nipis telah di formulasikan pada berbagai macam produk kecantikan.

Manfaat Jeruk Nipis

Kandungan pada manfaat jeruk nipis tersusun dari zat-zat seperti berikut :
  • manfaat jeruk nipisasam sitrat
  • asam amino (triptofan, lisin)
  • minyak atsiri (sitral, limonen, felandren, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, linali-lasetat, aktilaldehid, nildehid)
  • damar
  • glikosida
  • asam sitrun
  • lemak
  • kalsium
  • fosfor
  • besi
  • belerang
  • vitamin B1 dan C
1. Baik untuk sistem pencernaan
Kandungan flavonoid mempengaruhi produksi empedu, asam, dan enzim pencernaan lebih pencernaan. Kandungan flayanoid dapat menetralkan cairan pencernaan asam, pengeluaran racun dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi jeruk nipis manis akan mengurangi muntah, mual, atau diare yang menenangkan perut.
2. Menjaga kesehatan rambut
Manfaat jeruk nipis untuk rambut dapat menghilangkan ketombe, mengatasi kulit kepala berminyak, rambut rontok, dan rambut yang sulit diatur. Caranya : Campur air perasan jeruk nipis dengan air hangat, kemudian basuh pada rambut dan diamkan sebentar sebelum di bilas lagi dengan shampo dan air dingin sampai bersih.
3. Memutihkan kulit
Kombinasi jeruk nipis dan kunyit dapat digunakan untuk memutihkan wajah secara alami. Cara pembuatannya : Siapkan bahan-bahan seperti 1 sdm bubuk kunyit, 1 sdm susu bubuk dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Campurkan semua bahan lalu oleskan pada wajah secara merata sampai leher dan biarkan mengering sekitar 30 menit. Lalu bersihkan dengan air hangat dan bilas menggunakan air dingin.
4. Sumber Vitamin C
Kebutuhan vitamin C pada seorang pria dewasa sedikitnya 90 miligram vitamin C per hari dan sekitar 75 miligram untuk perempuan dewasa. Jeruk nipis manis mengandung paling sedikit 50 miligram Vitamin C, sehingga jeruk nipis mampu memenuhi kebutuhan asupan vitamin C per hari. Selain ity vitamin C secara ilmiah dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dari serangan penyakit.
5. Mengatasi Jerawat
Cara menghilangkan jerawat secara alami dengan jus jeruk nipis , yaitu dengan mencampur perasan jeruk nipis dengan air dingin. Caranya, teteskan perasan jeruk nipis di atas kapas, lalu oleskan pada wajah. Diamkan selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin.
6. Melancarkan buang air kecil
Kandungan kalium pada air jeruk nipis yang tinggi dapat membantu membilas racun yang mengganggu fungsi ginjal dan kandung kemih. Air jeruk nipis juga sangat efektif untuk menyembuhkan infeksi pada kandung kemih.
7. Penghasil Mineral
Kandungan mineral kalium yang tinggi pada manfaat jeruk nipis terdapat sekitar 490 miligram per porsi. Jeruk nipis manis juga memberikan kandungan mineral lain seperti tembaga, kalsium, besi dan fosfor.
8. Meningkatkan daya tahan tubuh
Mengkonsumsi jeruk nipis secara rutin secara signifikan dapat meningkatkan fungsi jantung dan membuat sirkulasi pada sistem peredaran darah meningkat, sehingga metabolisme tubuh menjadi lebih baik.
9. Mengatasi Batuk
Salah satu obat batuk ringan paling mujarab, adalah dengan khasiat jeruk nipis ini. Cara membuatnya juga cukup mudah, perasan satu buah jeruk nipis dicampur dengan satu sendok makan kecap atau madu dan tambahkan sedikit garam, lalu saring sebelum di minum 2-3 kali sehari.
10. Mengatasi Bau Badan
Bau badan berlebihan memang sangat, tetapi khasiat jeruk nipis akan mengatasi bau badan secara alami. Caranya : Satu jeruk nipis besar belah menjadi 2 bagian, oles bagian dalam jeruk nipis dengan kapur sirih. Oleskan pada ketiak setelah habis mandi dan diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air.