Tips Ford yang Wajib Disimak Wanita Hamil Saat Berkendara

Ditulis oleh: -
Setelah meneliti dan mempelajari pengalaman ibu hamil saat berkendara, dengan merasakan berkendara saat hamil melalui pemakaian 'Empathy Belly', yakni sebuah pakaian yang dirancang khusus untuk memahami kendala yang dihadapi wanita dalam mengemudi saat hamil.
David Stanley, Supervisor Vehicle Package & Ergonomics, Vehicle Engineering Ford Australia, yang meneliti dan mengenakan Empathy Belly, sehingga ia dapat merasakan langsung apa yang dirasakan wanita hamil saat mengendarai mobil.
Dari pengalaman dan penelitian yang dilakukan Stanley tersebut, Ford pun menemukan tips keselamatan bagi calon ibu tersebut.
Berikut 4 tips persembahan Ford, agar wanita hamil tetap aman dan nyaman saat berkendara:
1. Kenakan sabuk pengaman yang benar. Pastikan sabuk pengaman Anda diposisikan di bawah perut, melintangi pinggul. Tali bahu harus berada di antara payudara, dan pastikan kembali sabuk terasa nyaman dan kencang.
2. Posisi kursi. Mundurkan kursi ke jarak yang nyaman. Usahakan posisi kursi tidak terlalu tegak atau agak dimiringkan. Hal ini akan melindungi perut Anda apabila airbag bekerja.
3. Ekstra bantal. Jika Anda memiliki nyeri punggung terkait kehamilan, tempatkan bantal sandaran bulat kecil untuk menahan punggung bawah. Hal ini akan membantu kenyamanan selama berkendara.
4. Istirahat sejenak. Jika Anda mengendarai mobil dalam waktu yang lama, istirahatlah secara teratur untuk meningkatkan aliran darah ke kaki Anda. Kaki dan pergelangan kaki rentan terhadap pembengkakan. Istirahatlah sambil menggerakkan kaki dengan lembut, memutar pergelangan kaki dan menggoyangkan jari kaki.