Ciri-ciri Produk Kosmetik Berbahaya Serta Daftarnya

Ditulis oleh: -
Produk kosmetik berbahaya semakin banyak menjadi pemberitaan pada beberapa tahun belakangan ini. Bagaimana tidak, keinginan lahiriah setiap manusia untuk tampil semakin baik seakan memicu penggunaan kosmetik untuk menunjang penampilan. Permintaan produk kosmetik kecantikan yang meningkat, membuat para oknum yang tidak bertanggung jawab memasarkan produk kosmetik berbahaya.
Tergiur dengan harga miring, ditambah dengan iming-iming hasil yang menakjubkan, membuat sebagian orang terjebak pada kosmetik-kosmetik yang tidak layak pakai tersebut.

Produk Kosmetik Berbahaya

Ciri-ciri produk kosmetik berbahaya dapat dibedakan dengan beberapa cara berikut :
1. Menimbulkan alergi
Kandungan pada produk kosmetik berbahaya dapat menimbulkan gejala yang tidak biasa ketika di pakai. Salah satunya meebuat kulit iritasi kulit menimbulkan kemerahan, daerah sekitar mata terasa gatal, kulit semakin kusam dan sebagainya. Secara umum bahan kimia berbahaya akan menimbulkan dampak tidak baik.
Gunakan kosmetik secara spesifik misalnya untuk mengatasi kulit berminyak, untuk mencegah terjadinya pemicu kulit tambah berminyak.
2. Bahan-bahan kosmetik yang tidak jelas
Komposisi pada setiap kosmetik sering disertakan pada label kemasan produk, namun apabila terlihat sebuah kosmetik yang tidak jelas mengenai bahan-bahan yang digunakan, kemungkinan kosmetik tersebut hanya di buat dengan bahan berbahaya oleh para oknum.
Contohnya, pada kosmetik untuk mengatasi jerawat, tidak menuliskan kandungan bahan yang digunakan.
3. Warna kosmetik lebih terang 
Produk kosmetik cenderung berwarna natural namun jika kosmetik berwarna lebih terang tidak seperti pada umumnya, perlu diteliti lebih lanjut. Pada warna-warna yang terang sering digunakan untuk pewarna pakaian yang tidak layak untuk pewarna kosmetik. Misalnya pada krim dengan khasiat memutihkan wajah secara alami namun, berwarna tidak natural.

Daftar Kosmetik Berbahaya

Peredaran kosmetik berbahaya membuat Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) melakukan uji laboratorium untuk memriksanya dan hasilnya cukup mencengangkan dengan jumlah produk yang cukup banyak, berikut daftarnya : [sumber  - okezone.com]