Pengertian Routing dan Routing Protocol

Ditulis oleh: -
Pengertian routing adalah suatu proses untuk memindahkan suatu paket data dalam sebuah jaringan komputer dari node asal sampai dengan node tujuan. Dalam prosesnya fungsi router atau perangkat sejenis yang melakukan proses ini dan bertanggung jawab terhadap keberhasilannya. Proses routing terjadi pada layer 3 OSI Model yaitu network layer. Algoritma routing pada perangkat lunak pada hardware jaringan ini bertanggung jawab untuk mengeluarkan paket data dan ditransmisikan pada node tujuan atau komputer tujuan.
Tujuan dari routing adalah untuk menemukan route terbaik untuk mengirimkan atau mentransmisikan paket data ke komputer atau node yang di tuju. Algoritma dan teknik routing terus di kembangkan untuk mendapatkan hasil paling optimal dan mengurangi beban jaringan pada saat melakukan transmisi data.

Pengertian Routing Protocol

Pengertian Routing Protocol adalah proses untuk menentukan bagaimana sebuah router melakukan transmisi atau berkomunikasi satu dengan yang lainnya dan bagaimana menyebarkan paket data atau informasi serta teknik memilih rute yang paling optimal.
Ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan dalam merancang sebuah routing protocol yaitu :
  1. Perhitungan kinerja seperti jumlah hop, Biaya, Delay, throughput, dll
  2. Waktu: Per packet (Datagram) atau per sesi (Virtual-circuit)
  3. Keputusan lokasi: Setiap node (didistribusikan), simpul Tengah (terpusat), simpul asal (source).
Routing protocol sangat pentng untuk memastikan kinerja jaringan dapat berjalan dengan baik dan menghemat biaya serta memberikan efisiensi.

Jenis Jenis dan Algoritma Routing

Ada berbagai jenis algoritma routing yang dikembangkan untuk memperoleh efisiensi dalam mendukung berbagai jenis jaringan komputer. Berikut adalah berbagai algoritma routing yang dikembangkan dalam dunia jaringan komputer :
Kelebihan dari berbagai algoritma ini dapati dipilih sesuai dengan kriteria jaringan yang akan di bangun.

Kesimpulan Tentang Routing

Secara garis besar routing dapat kita jelaskan sebagai suatu metode untuk mentransmisikan paket data dengan menggunakan protokol routing untuk mengirimkannya ke node atau komputer tujuan secara optimal. Dalam Melakukan transmisi ini, ada banyak algoritma yang dikembangkan untuk mendapatkan hasil yang optimal serta efisiensi yang tinggi, terutama dalam masalah biaya.