TIPS MEMILIH JASA SEO BLOG DAN WEBSITE

Ditulis oleh: -

Tips Memilih Jasa SEO

1. Pastikan Vendor Bukan Perorangan
Seo merupakan sebuah proses yang memakan banyak tenaga dan waktu untuk menanamkan properti SEO pada suatu website. Maksud kami di sini bukan untuk mendiskreditkan konsultan SEO perorangan namun bisa anda bayangkan pengerjaan SEO yang membutuhkan waktu dan tenaga jika dikerjakan sendirian dan mungkin ia menghandle banyak website.
Kapan anda dapat menggunakan Jasa Konsultan SEO perorangan ? Jika anda memiliki kenalan yang memang hebat dan terbukti. Jika anda mendapatkan informasi dari Internet mengenai konsultan ini, yang harus di perhatikan adalah apakah ia memiliki banyak klien ? bagaimana jika ia mendapat banyak order ? apakah web anda akan di kerjakan dengan baik ? bagaimana menghubungi orang tersebut jika dalam proses pengerjaan seo anda memiliki masalah ? hal hal ini yang harus anda perhatikan sebelum anda memilih konsultan tersebut untuk mengoptimasi web anda.
2. Cari di Internet, Apakah Web Penyedia Jasa SEO tersebut muncul di Google?
Anda bisa menguji apakah website vendor tersebut terbukti dapat bersaing dengan penyedia jasa seo lain. Contoh mudah adalah anda dapat mengetik kata kunci yang mereka usung seperti “jasa seo”, “Konsultan SEO”, dan kata kunci lain yang mungkin ada hubungannya dengan website mereka.
3. Portfolio Klien
Anda dapat meminta portfolio klien yang mereka optimasi untuk memperoleh informasi apakah benar mereka memiliki klien yang sukses. Jangan mudah percaya dengan portfolio yang ditampilkan di web dengan kata kunci yang tidak bernilai jual. Bisa saja portfolio tersebut di buat melalui web pribadi mereka sendiri dengan kata kunci yang cukup mudah. Penyedia jasa seo Profesional akan berpikir 10 x apakah harus menampilkan web yang telah mereka tangani di websitenya. Ada beberapa pertimbangan seperti apakah kata kunci yang diusung akan dicontek pesaing atau apakah ada kemungkinan blackhat dari pesaing vendor tersebut atau dari pesaing anda. Jadi portfolio web dan kata kunci sebaiknya tidak ditempatkan di web penyedia jasa seo tersebut.
4. Tidak Mengumbar Janji
Sesuai dengan info dari web master atau enginer Google yaitu Matt Cutts, tidak ada seorang pun yang dapat memastikan web anda berada di halaman pertama, atau bahkan menjanjikan berada di top 1. Jika ada konsultan SEO yang menjanjikan hal tersebut, artinya adalah mereka belum memahami SEO secara Murni. Terbuai dengan janji di awal akan menyakitkan anda nantinya, jadi hindari jika anda janji janji tersebut.
5. Garansi
Garansi ini bisa jadi ‘penting tidak penting’ penyedia jasa SEO profesional tentu akan bekerja keras dari awal, sehingga mereka telah mengeluarkan SDM dan tim untuk mengoptimasi web tersebut dan tentunya membutuhkan biaya. Mengingat pengerjaan SEO bukan dalam hitungan hari, garansi uang kembali mungkin saja tidak diberikan penyedia jasa seo profesional, karena setiap web yang mereka terima pasti dikerjakan dengan baik dalam jangka waktu berbulan bulan.
Selain uang kembali yang harus anda pikirkan adalah mengenai waktu, anda tidak akan dapat mengembalikan waktu dan kinerja web yang anda bangun dengan refund uang tersebut. Jadi walaupun penyedia jasa seo menyediakan refund dan optimasi gagal, berarti ada masalah dalam teknik optimasinya. Kemungkinan lain adalah web anda tidak dapat dioptimasi selamanya karena teknik yang digunakan salah. Jadi refund uang kembali jika anda serius untuk mengembangkan website adalah faktor ke 10 atau bukan faktor utama yang harus anda pikirkan. Karena Waktu tidak dapat diputar kembali dan perputaran bisnis telah anda lewati.
6. Testimoni Klien
Jika penyedia jasa seo tersebut baru, mungkin saja belum ada testimoni dari kliennya. Namun jangan mudah terpengaruh dengan testimoni palsu yang banyak digunakan di toko online atau berbagai penyedia situs web. Contoh testimoni yang patut diragukan
Contoh 1 : “Wah, 2 hari top 1, langsung banjir order ! Susi – Semarang”
Contoh 2 : “Puas deh, langsung banyak pengunjung ! Delat – Surabaya”
Testimoni seperti ini sudah basi dan tidak menjamin, kita semua dapat membuat testimoni seperti ini. Yang perlu diperhatikan dalam sebuah testimoni adalah bukti nyata seperti email atau live chat yang asli. Atau jika cuma kata kata saja pasti memiliki nama pemiliki yang jelas dan alamat web yang murni pernah ditangani.
Seiring dengan meningkatnya biaya iklan, seperti iklan di Google Adswords membuat banyak pelaku bisnis online beralih ke SEO.  Kemudahan cara membuat blog tanpa harus menguasai bahasa pemrograman membuat orang dapat dengan mudah membuat sebuah website untuk bisnisnya. Namun tentu harus didukung dengan strategi pemasaran agar webnya dapat berhasil.