Menghilangkan Lubang Bekas Jerawat (Acne Scar) Di Wajah

Ditulis oleh: -


Masalah lubang bekas jerawat (Acne Scar) bisa diatasi, tetapi lubang bekas jerawat ini tidak bisa dihilangkan secara sempurna. Tapi anda bisa melakukan perbaikan pada wajah untuk mengecilkan dan menyamarkan lubang bekas jerawat tersebut.

Ada beberapa treatment yang bisa anda lakukan untuk mengatasi masalah ini :

a. Chemical Peels atau Peeling Kimiawi

Cara kerja chemical peels ini tidak sampai kebagian kolagen. Tapi cara kerjanya lebih pada bagian atas kulit atau superficial sehingga perubahannya tidak terlalu signifikan.

b. Fractional Laser (Seperti Laser Fraxell)

Treatment ini cara kerjanya sampai kebagian kolagen. Treatment ini berfungsi untuk re-modelling atau perbaikan pada bagian dalam kulit (kolagen). Hal ini membuat tumbuh kolagen baru, sehingga perbaikan dan struktur kulit terlihat lebih baik. Namun, fractional laser tidak dapat membuat kulit wajah yang berlubang menjadi rata hingga 100%.

c. Collagen Induction Therapy (Derma Roller dan Derma Punch)

Treatment ini dapat memperbaiki kolagen sehingga tumbuh kolagen baru yang membuat struktur kulit menjadi lebih baik. Derma Roller dan Derma Punch menggunakan jarum-jarum halus yang berfungsi membuat luka pada bagian wajah. 

Dengan luka ini maka jaringan kulit baru yang tumbuh muncul ke permukaan kulit dan menutupi luka. Cara kerja Derma Roller adalah alat Derma Roller di gosokkan pada permukaan kulit wajah. Satu alat bisa digunakan untuk lima kali treatment. Sementara Derma Punch menggunakan jarum yang jumlahnya lebih sedikit di bandingkan Derma Roller. Alat Derma Punch hanya digunakan sekali pakai. Fungsi Derma Punch adalah tidak hanya sebagai rolling tetapi juga punching. Kedua treatment ini sebaiknya dilakukan lima kali dengan jarak interval 1-2 minggu. Apabila kondisi wajah membaik sesudah treatment, sebaiknya tetap dilakukan kontrol enam bulan setelah treatment terakhir untuk mengetahui apakah perlu dilakukan treatment kembali atau tidak. Seperti halnya Fractional Laser, Collagen Induction Therapy tidak dapat membuat kulit wajah yang berlubang menjadi rata hingga 100 %.

d. Subcision

Treatment Subcision ini menggunakan jarum yang cara kerjanya membebaskan jaringan yang menarik kulit kedalam sehingga dapat terangkat ke permukaan (Kecantikan).