6 Peristiwa Langit Ini Akan Terjadi Sepanjang Tahun 2016

Ditulis oleh: -
Beberapa fenomena yang menarik yang terjadi di langit akan terjadi sepanjang tahun 2016. Berdasarkan dari informasi yang didapatkan dari laman National Gegrapic setidaknya akan ada 6 fenomena langit langka yang akan terjadi. Dan salah satunya yang akan juga terjadi di Indonesia dan beberapa negara lainnya di dunia yakni Gerhana Matahari Total.
Berikut adalah 6 kejadian fenomena langit yang akan terjadi sepanjang tahun 2016 :
Gerhana Matahari Total. Para astronom telah memprediksikan bahwa gerhana matahari total ini dipastikan akan terjadi pada tahun ini tepatnya pada tanggal 8 Maret 2016. Dipastikan pada tanggal tersebut, dalam beberapa waktu, keadaan muka bumi di berbagai negara yang akan seperti malam dan gelap karena Matahari akan terhalang oleh Bulan cahayanya. Setidaknya hal ini akan terjadi sepanjang 4 menitan. Wilayah yang akan terkena dampak dari gerhana matahari total ini sendiri yakni kawasan Asia Tenggara, yang dimuai dari Indonesia menuju Barat Samudera Pasifik. Sebagian lagi nantinya akan terlihat di Asia, Oceania dan juga Australia.
Hujan meteor Eta Auarid, Kejadian ini diprediksikan akan terjadi pada 6 Mei 2016 mendatang. Namun, sangat disayangkan kemungkinan besar kejadian ini akan tersamarkan oleh adanya sinar rembulan. Meteor yang terbentuk dari puing komet Halley ini nantinya akan masuk ke dalam lapisan atmosfer bumi pada tanggal tersebut dan akan berlangsung hingga pagi pada esok harinya. Di bagian selatan dipastikan akan melihat meteor yang jatuh sebanyak 60 kali per 1 jam sementara di bagian barat separunya yakni 30 meteor per jam.
Transit of Mercury adalah kejadian langka dimana planet Merkurius akan mengorbit mengarah ke matahari. Kejadian ini akan terjadi pada tanggal 9 Mei 2016. Di hari tersebut, nantinya akan tampak siluet kecil planet Merkurius yang melintas ke arah matahari dengan durasi sekitar 7 jam sementara waktunya dipastikan pada 11:12 GMT sampai 18.42 GMT.
Celestial Line Up. Kejadian ini akan terjadi pada tanggal 23 dan 24 Agustus 2016. Celestial Line Up sendiri merupakan kejadian dimana planet Mars, Saturnus dan Bintang Antares berada sejajar membentuk sebuah rasi bintang vertikal. Kejadian ini dapat dilihat dengan pengamatan mata telanjang, akan tetapi jika ingin jelas tentu harus menggunakan teropong bintang.
Venus bertemu Jupiter. Tanggal 27 Agustus dipastikan akan terjadi dimana planet Venus dan Jupiter seperti bertemu karena akan saling berdekatan. Kejadian ini sendiri dapat dilihat di belahan bumi bagian barat, Kedua planet akan terpisah sekitar 10 busur dalam satu menitnya.
Mars dan Lagoon, yang terakhir adalah bertemunya planet Mars dan Lagoan. Peristiwa langka ini sendiri akan terjadi pada tanggal 28 September 2016. Keduanya berada terpisah dengan jarak 4.000 tahun cahaya. Meskipun demikian jarak keduanya seperti hanya terpisah 1 derajat saja.