Tips Tulang Sehat: 5 Herbal Bermanfaat Mencegah Osteoporosis

Ditulis oleh: -
Osteoporosis disebut juga sebagai silent disease, yang terus berkembang secara bertahap pada orang yang berusia lanjut dan tidak pernah memperlihatkan tanda-tanda peringatan sampai orang tersebut jatuh dan mengalami patah tulang.
Setelah berusia lanjut akan sulit untuk mengganti tingkat kepadatan tulang seperti saat masih berusia muda.
Beberapa cara untuk mencegah osteoporosis adalah dengan mengikuti diet yang sehat, melakukan latihan beban secara rutin, dan melakukan pemerikasaan kepadatan tulang secara rutin.
Selain itu Anda juga bisa memanfaatkan beberapa tanaman herbal untuk membantu mencegah osteoporosis.
Berikut adalah tanaman herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis:
1. Wild Pigweed
Wild pigweed merupakan salah satu herbal yang mengandung kalsium yang mudah dicerna tubuh. Tanaman herbal ini lezat untuk dimakan jika dikukus atau dimasak dengan cara yang sama ketika Anda memasak bayam.
Selain lezat, Anda juga akan mendapatkan asupan kalsium tinggi yang bermanfaat untuk menguatkan tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis.
2. Horsetail
Anda bisa menyeduh horsetail kering sebagai teh herbal atau memasukkan herbal ini ke dalam kapsul dan meminumnya 1-2 kapsul setiap hari.
Herbal horsetail telah digunakan sejak jaman Yunani kuno untuk mengobati perdarahan dan luka pada saluran pencernaan (stomach ulcers).
Hasil penelitian moderen menunjukkan bahwa horsetail mengandung silikon, zat yang bermanfaat untuk melindungi tulang dari kehilangan kalsium.
3. Red Clover
Red clover bisa mengganti estrogen yang hilang. Tanaman herbal ini mengandung isoflavon yang bisa merangsang produksi estrogen pada tubuh perempuan.
Selain itu, konsumsi red clover sebelum menopause bisa mencegah terjadinya menopause dini dan menurunkan risiko kehilangan kalsium setelah menopause.
4. Daun Dandelion
Anda dapat mengukus beberapa daun dandelion bersama dengan kol, atau hanya daun dandelion saja. Daun dandelion terkenal akan kelezatannya.
Namun pastikan untuk mendapatkan daun dandelion yang bebas dari pestisida. Daun dandelion mengandung kadar boron tinggi yang dapat meningkatkan kapadatan tulang.
5. Daun Alfafa
Anda dapat membuat jus daun alfafa untuk memberikan nutrisi pada tulang dan meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.
Caranya sangat mudah, campurkan daun alfafa dengan beberapa herbal di atas, tambahkan pisang atau segenggam blueberi untuk menambahkan rasa manis pada jus herbal yang akan Anda buat.